Malaikat Jibril Lunasi Hutang Orang yang Membaca Surat Al Ikhlas

 
Malaikat Jibril Lunasi Hutang Orang yang Membaca Surat Al Ikhlas
Sumber Gambar: Ilustrasi/Paper.id

Laduni.ID, Jakarta – Suatu ketika, saat Rasulullah SAW sedang duduk di gerbang kota Madinah, beliau melihat ada jenazah yang hendak dishalati. Kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya kepada salah satu sahabat, “Apakah dia punya tanggungan hutang?”

Sahabat tersebut menjawab, “Dia memiliki tanggungan hutang kepada si fulan sebanyak 400 dirham Ya Rasulullah.”

Kemudain Rasulullah SAW bersabda kepada sahabat, “Shalatilah jenazahnya! Aku tidak akan menyalati jenazah seseorang yang mempunyai tanggungan hutang 400 dirham dan belum dilunasi.”

Beberapa saat kemudian, datanglah Malaikat Jibril dan berkata pada Rasulullah SAW:

“Wahai Muhammad, sesungguhnya Allah SWT membacakan salam kepadamu. Aku telah diutus berwujud seseorang dan melunasi hutang lelaki yang meninggal itu. Maka shalatilah jenazah lelaki itu, karena Allah telah mengampuninya.”

Sejenak Nabi SAW penasaran kepada si jenazah tersebut, apa yang menyebabkannya mendapat keistimewaan tersebut. Lantas bertanyalah Nabi SAW kepada Malaikat Jibril, “Bagaimana ia mendapat keistimewaan ini?”

Malaikat Jibril menjawab, “Karena bacaannya, setiap hari ia tak pernah lepas membaca surah al-Ikhlas sebanyak seratus kali. Di mana kandungan surat al-Ikhlas terdiri atas penjelasan sifat-sifat Allah dan pujian terhadap-Nya,” ungkap Malaikat Jibril.

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

Artinya: “Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan Islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman dan akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah.”

Sumber: Kitab al-'Ushfuriyah

Disadur dari bedjoiskandar.com


Editor: Daniel Simatupang