3 Kunci Sukses Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani

 
3 Kunci Sukses Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Dalam meraih kesuksesan tentunya seseorang perlu kerja keras untuk menggapainya, bersungguh-sungguh meniti jalan yang dilalui, dan dibarengi dengan ikhtiar batin supaya Allah membantu dalam meraih kesuksesan tersebut.

Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani, seorang mursyid dari Mesir mempunyai kunci dalam meraih kesuksesan. Dalam meraih kesuksesan, Syekh Yusri senantiasa berpedoman pada sabda Raslullah SAW. Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Ya Allah, berkahilah umatku di masa awal pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, Ibnu Majah)

Adapun kunci kesuksesan Syekh Yusri adalah:

1. Bangun lebih pagi untuk Shalat Subuh dan terjaga sampai waktu dhuha

Syekh Yusri tidak pernah tidur setelah shalat Subuh, melainkan mengisinya dengan berbagai aktivitas seperti membaca, belajar, atau mengisinya dengan hal lain. setelah mengerjakan shalat Dhuha, lalu dilanjutkan dengan aktivitas seperti bekerja, kuliah, dan sebagainya.

Latar belakang Syekh Yusri yang juga seorang dokter menilai bahwa tidur setelah Shalat Subuh (adzan fajr) hingga jam 9 pagi sangatlah tidak sehat, hal tersebut dapat mendatangkan banyak penyakit ke dalam tubuh. Misalnya, thrombosis (terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah arteri) yang sering terjadi pada orang yang sedang tidur setelah adzan subuh.

Di sisi lain, Rasulullah SAW saat perang juga mengirimkan pasukan di awal pagi, begitu juga pedagang yang mengirimkan dagangannya di awal pagi.

2. Makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang

Syekh Yusri menganjurkan untuk makan dua jam setelah lapar, serta berhenti sebelum kenyang sebagaimana sunah Nabi SAW. Sebab menurut beliau, tidak semua yang diinginkan harus dimakan.

“Teman-temanku yang seusiaku banyak yang tampak lebih tua dariku, aku tampak bagai anak mereka. Karena mereka terbiasa tidur pagi, langsung makan begitu lapar, makan sampai kenyang dan memuaskan diri untuk menggapai apa yang mereka mau makan. Bahkan mendapatkan tanpa perlu menggerakkan tubuh, padahal Harakah itu merupakan suatu keberkahan,” kata beliau.

3. Menikmati rasa lelah

Syekh Yusri juga menganjurkan untuk tidak langsung istirahat ketika tubuh terasa Lelah, melainkan merasakan dan menikmati rasa lelah itu.

Jika seseorang mengamalkan tiga hal ini, maka insyaallah orang tersebut akan sukses dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Disadur dari tulisan Hilma Rosyida Ahmad


Editor: Daniel Simatupang