Biografi Imam Umar Al Muhdar

 
Biografi Imam Umar Al Muhdar
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Umar Al Muhdar

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Pendidikan
2.2       Murid Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Banyak Bermujahadah Dalam Beribadah
3.2       Hafal Kitab Minhaj Karya Imam Nawawi

4.         Keistimewaan Beliau

5.         Karamah Beliau

6.         Untaian Kata Para Ulama

7.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau As Sayyid Al Imam Al Alimal Kamil Al Arif Rabbani Qutbul Muhaqqiqin Syeikhu Asykhis Salikin Umar Al Muhdar bin Al Qutub Sayyid Abdurrahman Assegaf, beliaulah maha guru bagi para imam di masanya dan berkedudukan yang tinggi.

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

Imam Umar Al Muhdar, lahir di kota Tarim, Hadhramaut, Yaman.

1.2       Wafat

Beliau Imam Imam Umar Al Muhdar meninggal dunia dalam keadaan sujud sewaktu menunaikan shalat dhuhur pada hari Senin tanggal 12 Dzulqa’dah tahun 833 H. Kubur beliau di Tarim banyak diziarahi dan diambil berkahnya, juga tdikenal sebagai tempat terkabulnya doa, sama halnya dengan di masjidnya.

1.3       Keluarga

Imam Uar Al Muhdar meninggalkan empat orang puteri : Aisyah, Fatimah, Maryam, dan Alawiyah.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Pendidikan

Beliau menimba ilmu dhahir dari beberapa ulama di Hadhramaut dan Syihir, sedangkan ilmu batin beliau menimba langsung dari ayahnya Imam Assegaf dan yang lainya.

2.2       Murid Beliau

Beberapa ulama besar menimba ilmu dari beliau di antaranya : Syeikh Al Imam Al Qutub Abdullah bin Abu Bakar Al Aydrus dan saudaranya Syeikh Ali bin Abu Bakar dan Syeikh Ahmad bin Abu Bakar, juga Al Faqih Muhammad bin Ali Bazghaifan.

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Banyak Bermujahadah Dalam Beribadah

Beliau adalah sosok yang banyak bermujahadah dalam beribadah, bahkan dalam menghabiskan waktu siang dan malam untuk beribadah yang tidak bisa dilakukan oleh orang di masanya.

Beliau benar-benar melepas diri dari seluruh kebiasaan dikarunia kedudukan yang kuat dalam hal-hal yang luar biasa, mu’amalah kepada Allah yang murni, kokoh kedudukanya dalam kedekatan di sisi Allah, di samping tersingkapnya hal-hal yang gaib dan keluasan ilmu secara dhahir dan batin.

3.2       Hafal Kitab Minhaj Karya Imam Nawawi

Beliau hafal kitab Minhaj karya Imam Nawawi di luar kepala seperti surat Al Fatihah, beliau hamper hafal kitab tafsir Al Haqaiq karya As Sulami.

4. Keistimewaan Beliau

Adapun ibadahnya dalam sekali tarikan nafas beliau dapat membaca nama Allah Ya Latif sebanyak seribu kali, keistimewaan beliau ini juga mengalir pada pembantunya yang bernama Juraidan, ia dapat membaca Ya Latif sebanyak 700 kali dalam sekali nafas.

5. Karamah Beliau

Beliau adalah orang yang cepat memberikan pertolongan bagi yang bertawasul dengan beliau, hal ini banyak terbukti orang-orang menyaksikan beliau secara nyata baik di daratan maupun di lautan, di antara kekeramatan beliau adalah mengeluarkan buah kurma bukan pada musimnya, binatang dan benda mati meruti perintahnya dan menuruti laranganya, di langit beliau diseru sebagai wali yang diberi mandate menentukan sekehendaknya, beliau diberi mandate untuk menjauhkan siapapun yang ia kehendaki dan mendekatkan siapapun yang ia kehendaki, beliau mendapat pangkat kewalian Syeikh Abdul Qadir Al Jailani.

Di permulaanya beliau dikenal banyak bermujahadah untuk beribadah dan nampaknya seperti orang sakit, beliau melatih diri selama tiga puluh tahun tidak makan kurma dan berkata : “Kurma merupakan makanan yang paling aku sukai oleh karena itulah aku cegah diriku memakannya.”

Bahkan selama lima tahun beliau tidak makan makanan yang biasanya dimakan orang-orang, inilah yang diceritakan oleh Syeikh Abdullah Al Aydrus, semoga Allah member kita keberkahan mereka dan para shalihin lainya.

Pernah selama sebulan beliau tinggal di Raidah Al Misqas tidak makan kecuali air saja, meski demikian kekuatan beliau maupun ibadahnya begitu juga kekuatan beliau berhubungan dengan isterinya tidak berkurang sedikitpun.

Pernah selama empat puluh hari tidak makan secuilpun, juga pernah selama empat puluh hari dalam perjalanannya menunaikan ibadah haji dan berziarah ke makam Nabi Muhammad saw di Madinah tidak makan dan tidak minum sedikitpun.

Terkadang selama sebulan beliau tinggal di dekat kubur Nabi Hud as di Hadhramaut tidak makan kecuali satu ons ikan, meski besar mujahadahnya beliau masih mengatakan : “Andai saja aku menjadi binatang yang disembelih lalu dimakan atau seekor keledai yang mati dan menjadi tanah.” Ungkapan ini dikarenakan rasa takut beliau yang begitu besar kepada Allah swt.

Salah seorang shalihin pernah bermimpi melihat kedudukan para wali di surge, tetapi ia tidak pernah melihat kedudukan seperti kedudukan Syeikh Umar Al Muhdar.

6. Untaian Kata Para Ulama

Para Arif Billah mengatakan : “Sesungguhnya kemarahan beliau menimbulkan kemurkaan Dzat pemilik langit dan bumi dan keridhaannya mengundang keridhaan-Nya.”

As Sayyid Al Alamah Muhammad bin Ali bin Alwy Hirid penulis kitab Al Ghurur menyebutkan : “Aku pernah mendengar Al Faqih Al Allamah Al Wari’ Abdullah bin Abdurrahman Ba Fadl Bal Haj berkata : Aku pernah mendengar ayahku mengatakan : “Aku hafal delapan puluh kisah nyata kekeramatan Syeikh Umar Al Muhdar.

Syeikh Sulatanah berkata : “Aku pernah melihat Syeikh Umar bin Abdurrahman dalam kubah cahaya terangkat ke langit sedangkan para wali berada di bawahnya, kubah itu jauh di atas mereka seperti bintang.”

Syeikh Al Imam Abdullah bin Abu Bakar Al Aydrus berkata : “Pamanku Umar Al Muhdar memasukkanku dalam cangkang cahaya yang tidak dapat dibawa oleh siapapun selainya.”

7. Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya