Komandan Roni, Banser Kraksaan yang Menangis Saat Dengar Mars Syubbanul Wathan

 
Komandan Roni, Banser Kraksaan yang Menangis Saat Dengar Mars Syubbanul Wathan
Sumber Gambar: Twitter @NU_bersatu

Laduni.ID, Jakarta – Menjadi Banser adalah sebuah pengabdian, bukan hanya mengabdi kepada agama tapi pada para ulama, masyarakat, bangsa, dan negara. Begitu jugalah yang dirasakan Komandan Roni, Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Kota Kraksaan yang fotonya viral saat meneteskan airmata saat menyanyikan mars Syubbanul Wathan.

Muhammad Roni, itulah nama lengkapnya, jika dilengkapi lagi menjadi KOPKA Muhammad Roni. Seorang anggota aktif TNI AL yang berdinas di LANTAMAL V Surabaya.

Roni mengaku tidak menyadari jika foto dirinya viral di media sosial. Foto tersebut diambil pada saat apel akbar dan ijazah kubro Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur di Pantai Bohay di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jum’at, 29 November 2019 silam.

Dilansir Koran pantura, Roni tidak sadar air matanya keluar saat menyanyikan mars Syubbanul Wathan (Yalal Wathan). Saat itu dirinya ditugaskan menjadi komandan apel, saat itu pula ia merasakan kilas balik perjuangan NU.

“Sebagai warga Banser dan NU, saya merasakan betapa rumitnya tugas NU yang sebagai organisasi yang senantiasa berkomitmen menjaga keutuhan NKRI. Saya merasa terharu karena kami secara pribadi dan juga organisasi, terlibat dalam upaya tersebut,” ujar pria 42 tahun itu.

Pengalaman yang sangat berkesan bagi Roni, membuat rasa cintanya kepada tanah airnya Indonesia, dan Banser semakin kuat. Ditambah mars Syubbanul Wathan menegaskan sikap dan posisi nu, berikut kader-kadernya, kepada Indonesia.

“Bahwa NKRI sudah harga mati bagi NU, bahwa ulama NU senantiasa berdiri tegak demi keutuhan bangsa ini. Hubbul wathan, mencintai tanah air, adalah bagian dari iman. Itu yang sudah pasti,” tegasnya.

“Mereka ikhlasnya sangat besar kepada NU. Berangkat ke acara NU kadang uangnya hanya cukup untuk beli bensin. Saya menyatakan siap berkhidmat di Banser. Saya ingin bersama sahabat-sahabat saya,” tutupnya.

Sumber foto: FB Fakta Banser


Editor: Daniel Simatupang