Wasiat Ibnu Jarir At-thabari

 
Wasiat Ibnu Jarir At-thabari
Sumber Gambar: dok. pribadi/FB Firmansyah Djibran El'Syirazi (Diambil tahun 2018 ketika ziarah di kota Baghdad)

Laduni.ID, Jakarta – Abu Muhammad Al Farghani (salah seorang murid Ibnu Jarir) mengatakan Abu Bakr Ad-Dinawari berkisah bahwa ketika tiba waktu salat Dzuhur pada hari meninggalnya beliau yaitu hari senin, Ibnu Jarir memint air untuk memperbarui wudhunya. Lalu ada yang berkata kepadanya, "Sebaiknya anda mengakhirkan shalat Dzuhur dan menjamaknya dengan shalat Ashar."

Namun beliau menolak dan mengerjakan shalat Dzuhur sendiri pada awal waktunya. Demikian halnya shalat Ashar beliau kerjakan pada waktunya dengan tata cara shalat yang sempurna dan baik.

Tatkala Ibnu Jarir akan meninggal dunia, ada beberapa orang yang yang berada di samping beliau dan di antaranya adalah Abu Bakr bin Kamil. Saat itu ada yang bertanya kepada beliau sebelum menghembuskan nafas yang terakhir.

"Wahai Abu Ja'far, anda adalah hujjah antara kami dan Allah pada urusan agama kami. Apakah ada sesuatu yang hendak anda wasiatkan kepada kami terkait dengan urusan agama kami atau suatu keterangan yang kami mengharapkan keselamatan dengannya?"

Beliau pun menjawab, "Yang aku beribadah kepada Allah dengannya dan aku wasiatkan kepada kalian adalah apa yang aku ikrarkan dalam kitab-kitabku, maka amalkanlah."

Kemudian setelah itu, beliau pun meninggal. Semoga Allah merahmati beliau dan membalas kebaikan-kebaikannya.

Oleh: Gus Firmansyah Djibran Elsyiraji, Lc., B.Ed


Editor: Daniel Simatupang