Umrah Saat Ramadhan Seperti Haji Bersama Rasulullah SAW

 
Umrah Saat Ramadhan Seperti Haji Bersama Rasulullah SAW
Sumber Gambar: Mutahir Jamil dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Melaksanakan umrah di bulan Ramadhan memiliki keutamaan tersendiri terutama di bagian pahala. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Melakukan umrah di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai ibadah haji.”

ﻋَﻦْ ﺍﺑْﻦِ ﻋَﺒَّﺎﺱٍ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻋُﻤْﺮَﺓٌ ﻓِﻲ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺗَﻌْﺪِﻝُ ﺣَﺠَّﺔً

Artinya, “Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji,” (HR Ibnu Majah).

Dalam lafadz Muslim disebutkan,

ﻓَﺈِﻥَّ ﻋُﻤْﺮَﺓً ﻓِﻴﻪِ ﺗَﻌْﺪِﻝُ ﺣَﺠَّﺔً

Artinya: “Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Muslim no. 1256)

Dalam lafadz Bukhari juga disebutkan,

ﻓَﺈِﻥَّ ﻋُﻤْﺮَﺓً ﻓِﻰ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺗَﻘْﻀِﻰ ﺣَﺠَّﺔً ﻣَﻌِﻰ

Artinya: “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku ” (HR. Bukhari no. 1863).

Sabda Rasulullah SAW ini dengan sangat jelas atau gamblang menunjukkan keutamaan atau anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan. Sebab, dalam hadis ini dikatakan bahwa ibadah umrah yang dilaksanakan di bulan puasa Ramadhan sama atau menyamai haji.

Lantas, apa yang dimaksudkan dengan menyamai ibadah haji? Abdurrauf Al-Munawi dalam At-Taysir bi Syarhi Jami‘is Shaghir menjelaskan bahwa yang dimaskud dengan “Ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan sama dengan ibadah haji” adalah dari sisi pahalanya. Hal ini berarti bahwa ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan tidak dengan serta merta menggugurkan kewajiban haji.

ﻓِﻲ ﺍﻟﺜَّﻮَﺍﺏِ ﻟَﺎ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﺗَﻘُﻮﻡُ ﻣَﻘَﺎﻣَﻬَﺎ ﻓِﻲ ﺇِﺳْﻘَﺎﻁِ ﺍﻟْﻔَﺮْﺽِ ﻟِﻠْﺈِﺟْﻤَﺎﻉِ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﻥَّ ﺍﻟْﺎِﻋْﺘِﻤَﺎﺭ ﻟَﺎ ﻳَﺠْﺰِﻯ ﻋَﻦْ ﺣَﺞِّ ﺍﻟْﻔَﺮْﺽِ

Artinya, “(Maksudnya) adalah dari sisi pahalanya, bukan dari sisi umrah (di bulan Ramadhan) menggugurkan kewajiban haji karena menurut ijma’ ibadah umrah tidak bisa menggantikan posisi haji wajib,” 

Berangkat dari penjelasan singkat ini, maka setidaknya dapat dipahami anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan, yaitu karena pahalanya sama dengan pahala haji sebagaimana dikemukakan dalam salah satu hadis yang di atas. Kendati pahalanya sama dengan haji, tetapi tetap saja tidak dengan serta-merta menggugurkan haji wajib.